Wednesday, January 24, 2018

Film-film Bernuansa Petualangan #1

Artikel ini berisi tentang rekomendasi 5 judul film yang beruansa petualangan. Terutama pendakian gunung dan survival. Beberapa film ini memiliki alur cerita yang menurut saya pribadi layak ditonton bagi kita para penggiat alam bebas. Karena selain dapat menambah wawasan kita juga dapat sebagai hiburan yang relevan dengan hobi kita.

Ada banyak sekali judul film yang bernuansa petualangan. Sementara pada postingan Film-film Bernuansa Petualangan #1 ini kami bagikan 5 judul. Selanjutnya akan diposting lagi di postingan yang lainnya (link ada di bawah artikel).

Baiklah, tanpa penjelasan yang panjang lagi, ini dia rekomendasi film bernuansa petualangan versi seberanda!


1. VERTICAL LIMIT

 
 
Film ini bercerita tentang seorang pendaki gunung yang berusia muda bernama Peter Garret yang diperankan oleh Chris O'Donnell. Dalam film tersebut dia harus berusaha menyelamatkan adik perempuannya yang bernama Annie (diperankan oleh Robin Tunney) beserta tim pendaki lainnya, antara lain Elliot Vaughn (diperankan oleh Bill Paxton) dan Tom McLaren (diperankan oleh Nicholas Lea).

Di tengan perjalanan, tiba-tiba tanpa perkiraan sebelumnya alam berkata lain, keuatan yang luar biasa harus dihadapi tim dengan segala keterbatasannya di sekitar lokasi K2, puncak gunung tertinggi di dunia, yang terletak di sebelah Barat Daya Amerika Serikat, Peter berani mempertaruhkan nyawanya. Tim pendaki itu terjebak di dalam es pada ketinggian 26.000 kaki, keadaan di mana tubuh manusia tidak bisa bertahan lama. Dengan pertolongan pendaki lainnya, juga ahli pendaki gunung, Montgomery Wick (Scott Glenn), setiap detik sangat berharga untuk menyelamatkan adik perempuannya dalam pendakian ke puncak yang paling ditakuti di dunia.


2. THE HIMALAYAS


Film "The Himalayas" menceritakan tentang sebuah kisah nyata perjalanan dua orang sahabat Hong Gil dan Mu Taek, dimana keduanya menjadi partner mendaki saat melakukan pendakian melelahkan Kanchenjuga.

Kemudian kedua sahabat itu berada dipuncak karir mereka sebagai pendaki profesional saat terpilih menjadi bagian tim ke-14 guna pendakian ke puncak gunung himalaya. Karena medan dan kondisi yang sangat ekstrim saat pendakian mengakibatkan keduanya cedera.

Tak hanya itu Hong Gil harus pensiun dan mengakhiri karirnya, sebuah harga mahal yang harus dibayar oleh kedua sahabat ini. Setelah beberapa tahun kemudian, Hong Gil telah menjalani karir baru sebagai seorang pelatih yang terkenal, dan Mu Taek kembali mendapatkan tugas untuk pendakian ke Everest.

Dalam tugasnya tersebut Mu Taek ternyata bernasib tragis karena tidak hanya cedera akan tetapi ia juga harus kehilangan nyawanya saat pendakian tersebut. Hong Gil yang sebelumnya memberikan dukungan pada sahabatnya dalam pendakian ini harus mengalami kesedihan mendalam, ia menyalahkan diri sendiri karena merasa ikut bersalah atas apa yang menimpa Mu Taek.

Ketika melihat foto jenazah Mu Taek yang terperangkap serta membeku dipegunungan Himalaya, Hong Gil kemudian mengumpulkan dan membuat satu tim penyelamatan untuk mengambil jenazah sahabatnya tersebut dn dirinya sendiri yang akan memimpin ekspedisi tersebut.


3. EVEREST



Setelah beberapa kali sukses memandu ekspedisi mendaki Gunung Everest, Rob Hall (Jason Clarke) dan tim pendaki gunung profesionalnya yang tergabung dalam Adventure Consultant, harus kembali memimpin sekelompok pendaki gunung amatir untuk menaklukkan gunung dengan puncak tertinggi di dunia itu.

Di antara para pendaki amatir yang tergabung dalam kelompok Rob adalah Beck Weathers (Josh Brolin), seorang miliuner, Doug Hansen (John Hawkes), seorang tukang pos yang sebenarnya telah berkali-kali mendaki Everest, namun selalu harus pulang tanpa pernah dapat mencapai puncak, John Krakauer (Michael Kelly), seorang penulis, dan Yasuko Namba (Naoko Mori), pendaki wanita asal Jepang yang bermaksud menjadikan Everest sebagai puncak ketujuh yang ditaklukkannya. Maka, meninggalkan sang istri, Jane (Kiera Knightly), yang tengah mengandung anak pertamanya, Rob Hall, untuk ke sekian kalinya, berangkat menantang Everest.

Berawal dari Nepal, ujian sebenarnya bagi para pendaki Everest telah menanti begitu mereka tiba di basecamp, sebuah tempat yang dijadikan pos tempat berkumpulnya pendaki gunung dari seluruh dunia. Dengan ketinggian lebih dari sekitar lima ribu meter di atas permukaan laut, suhu dingin yang ekstrem, dan oksigen yang tipis, para pendaki diuji oleh ganasnya bentang alam Everest. Ditambah lagi, persaingan antarkelompok pendaki yang berlomba menundukkan puncak tertinggi di dunia. Di sinilah Rob bertemu Scott Fischer (Jake Gyllenhaal), pemimpin kelompok Mountain Madness yang sepertinya pernah—dan mungkin pula masih—memendam semacam intrik personal dengan Rob.

Kisah Everest berlanjut dengan sederet adegan pendakian di medan-medan yang sulit. Terjangan badai dan cuaca seringkali berubah di luar dugaan. Masalah teknis dengan peralatan dan perlengkapan mendaki pun seolah tak mau ketinggalan untuk ambil bagian menjadi kendala. Otomatis, ketahanan fisik dan mental para pendaki benar-benar dijajal habis. Alam seakan memaksa para pendaki gunung tersebut untuk memilih: bertahan dan terus berjuang mencapai puncak dengan mempertaruhkan nyawa atau pulang dengan tangan hampa.


4. SANCTUM


 

Sanctum bercerita tentang seorang anak muda berumur tujuh belas tahun bernama joshua “josh” mcguire, lalu seorang pegawai bank bernama carl hurley dan pacarnya victoria “vic” elaine yang sedang dalam petualangan mereka untuk menjelajah gua esa’ala. Sebuah gua bawah air yang berada di papua new guinea. Sementara itu, ayah josh yang bernama frank yang merupakan seorang penyelam kawakan, telah menjelajahi gua itu sebelumnya. Ia bahkan sudah membangun sebuah base camp di dalam gua tersebut dimana timnya, telah mencoba mengeksplorasi gua itu selama beberapa minggu. Lalu ketika josh sampai disana, tim yang dipimpin ayahnya itu bersiap hendak menjelajah tempat yang tak pernah dijamah sebelumnya.

Mereka pun berangkat bersama untuk menjelajah tempat yang belum terjamah itu. Di tengah perjalanannya, judes mengalai sebuah masalah pada tabung oksigennya. Akhirnya ia pun mau tak mau harus meminta frank agar mau berbagi oksigen dengannya. Setelah beberapa pergantian, judes panik dan mencoba memasang masker oksigennya itu, tapi frank melepasnya karena ia tak ingin kehabisan oksigen sampai menuju ke permukaan nantinya. Jodes pun tenggelam dan josh yang sedang melihat sesuatu yang aneh, memberi tahu ayahnya.

Tapi mereka masih berdebat atas kematian judes, kenapa ia bisa mati dan siapa yang bertanggung jawab. Hal itu rupanya karena judes yang memang sedang dalam kondisi kelelahan dan tak menyiapkan semuanya dengan baik. Sementara itu, tim mereka yang lain menyadari bahwa akan ada badai besar yang akan muncul dan menghancurkan lokasi mereka. Mereka mau tak mau harus segera mengatasi hal tersebut. Akhirnya, tim yang menyelam dibagi dua, satu dikirim untuk membantu mengatasi badai tersebut, dan yang lainnya tetap ikut frank di dalam air. Orang yang disuruh ke permukaan adalah anaknya, josh.
Ketika josh sedang menuju ke atas bersama luko, liz dan j. D, air mulai keluar dari jalur keluar mereka. Mereka pun berusaha keras untuk selamat dari badai tersebut dan menyelamatkan semua orang. Badai itu rupanya cukup besar dan membuat base camp mereka yang berada di atas itu porak poranda. Josh dan kawan-kawannya berusaha lepas dari bencana itu,  belum lagi hal mengerikan yang mengintai mereka di bawah air.

5. MERU

 

Film meru bercerita tentang tiga pendaki profesional yang kini menghadapi mimpi buruk dari masa lalu mereka. Mereka adalah conrad anker, jimmy chin dan renan ozturk. Mereka bertiga adalah sahabat baik sekaligus pendaki profesional yang telah mendunia karena kemampuan mengagumkan mereka selama ini.

Bisa dibilang, tak ada gunung yang tak pernah mereka bertiga taklukan. Walaupun status mereka kini adalah seorang pendaki profesional, namun tetap saja mereka bertiga tak bisa lepas dari sesuatu yang bernama kegagalan. Adalah sebuah tebing dengan tinggi empat ribu kaki, yang diberi nama “shark’s fin” yang membuat para pendaki profesional tersebut tak ubahnya seperti pendaki amatiran yang baru belajar mendaki gunung.

Pada tahun 2008 silam, ketiga pendaki tersebut pernah mencoba melakukan pendakian untuk menaklukan tebing tersebut. Dengan persiapan yang sangat matang, ketiga pendaki tersebut akan berusaha untuk menambah daftar panjang gunung yang pernah mereka bertiga taklukan. Dengan semangat yang membara, ketiga pendaki tersebut mulai melakukan pendakian dengan serius. Perlahan mereka bertiga menaiki dinding curam yang terbuat dari batu tersebut. Dengan ekspetasi yang tinggi, ketiga pendaki tersebut telah sampai di tengah tebing yang berarti separuh jalan lagi mereka akan mendapat kemenangan atas tebing tersebut.

Namun naas, ketika ketiga pendaki tersebut tengah melakukan aksinya, terjadi sesuatu yang tak pernah mereka inginkan sebelumnya. Terjadi longsor salju yang membuat ketiga pendaki tersebut tenggelam dalam tumpukan salju berton-ton. Alhasil hal tersebut membuat mereka harus mengubur impian mereka kala itu.

Kini, tiga tahun telah berlalu sejak kejadian mengerikan tersebut terjadi. Conrad anker bersama kedua sahabatnya siap kembali ke tebing yang pernah mempecundangi mereka bertiga. Namun kini mereka bertiga telah banyak belajar dari kegagalan dahulu. Kini mereka telah siap untuk melakukan pendakian untuk sekali lagi. Walaupun bayang-bayang akan kenangan mengerikan tiga tahun lalu masih teringat jelas di pikiran mereka, namun hal tersebut tak menghentikan langkah mereka. Demi sebuah kejayaan serta kemenangan, mereka bertiga akan melakukannya sekali lagi.


Itulah tadi sedikit ulasan tentang Film-film Bernuansa Petualangan #1. Film-film Bernuansa Petualangan yang lain dapat disimak di postingan-postingan seberanda yang lain di link di bawah ini:


Film-film Bernuansa Petualangan #2
Film-film Bernuansa Petualangan #3
Film-film Bernuansa Petualangan #4


Sinopsis diambil dari:
Advertisement
Disqus Comments