Thursday, January 25, 2018

Berkenalan dengan Tali Paracord

PARACORD

Paracord (Parachute Cord) adalah salah satu jenis tali serbaguna yang dibuat untuk berbagai kebutuhan. Dapat digunakan sebagai tali apa saja karena tali paracord memiliki kekuatan yang baik. mudah digunakan karena lemas dan bertekstur lembut. Pada kualitas yang paling baik bahkan tali paracord memiliki kelenturan dan kekuatan yang lebih baik, serta tidak mudah terurai.



FUNGSI

Fungsi dari paracord pada awalnya yaitu digunakan oleh militer selama Perang Dunia II. Elastisitas kabel dan kemampuannya untuk menahan berat yang besar membuatnya menjadi alat yang sangat berguna saat itu.

Tali paracord juga sering dijadikan salah satu unsur dalam perlengkapan survival-kit. Tali ini dapat dipakai bagi mereka yang sedang berpetualang di luar ruangan dan sangat berguna untuk dapat digunakan dalam situasi darurat.


MANFAAT

Beberapa manfaat menggunakan tali paracord untuk situasi darurat antara lain:
  1. Tali serba guna untuk mendirikan shelter: tarp, bivak
  2. Membuat hammock
  3. Jebakan hewan buruan
  4. Jaring untuk menangkap ikan
  5. Pelengkap alat membuat api (bow drill)
  6. Jaring-jaring untuk membawa alat-alat bawaan
  7. Benang untuk memancing ikan (diambil seratnya lalu dipasangkan kail)
  8. Menyambung kayu untuk membuat kursi penyamaran, tripod memasak, dll.
Namun akhir-akhir ini kalangan kreatif mulai memanfaatkan tali paracord untuk menjadi keterampilan-keterampilan seperti gelang, gantungan kunci, sabuk, kalung, dan masih banyak lagi yang lain.

Sempat menjadi tren beberapa waktu sebelumnya yaitu tali prusik untuk berbagai fungsi, namun paracord lebih dilirik para pecinta kegiatan di alam karena ciri khas tali ini yang lemas tidak seperti prusik yang cenderung keras atau kaku. Gelang prusik sudah mulai digantikan tren nya menjadi gelang paracord.


JENIS-JENIS KERAJINAN DARI TALI PARACORD

1. Gelang

 


2. Kalung




3. Gantungan Kunci

 



6. Kerajinan Lain





Itu tadi adalah penjelasan mengenai tali paracord, fungsi, manfaat, hingga aplikasinya dalam kreatifitas. Sebagai penggiat alam bebas, tidak ada salahnya apabila kita mengenakan paracord sebagai asesoris penambah gaya, namun yang wajib bagi saya adalah selalu membawa paracord gulung cukup sepanjang 3-5m sebagai antisipasi apabila dibutuhkan pada saat-saat tertentu saat berkegiatan di luar ruang.
Advertisement
Disqus Comments