Friday, December 30, 2016

Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno Blitar

Blitar memiliki berbagai macam jenis wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, wisata agro, hingga wisata ziarah dan lain-lain. Begitu banyaknya hingga kota yang berada di Jawa Timur ini tidak mau kalah dengan kota-kota wisata di sekitarnya seperti Kota Malang, Kota Batu, dan sekitarnya.

Tidak aneh rasanya apabila kita akan melihat kota ini begitu ramai oleh lalu-lalang wisatawan saat hari-hari biasa sekalipun. Terlebih saat liburan panjang tiba kota ini akan lebih banyak dibanjiri wisatawan yang pastinya akan ikut menyumbang kemajuan Kota Blitar dalam bidang pariwisata maupun ekonomi masyarakat sekitar.

Kali ini kita akan membahas mengenai wisata ziarah di kota Blitar. Tepat sekali, Makam Bung Karno Blitar adalah salah satu icon wisata di kota ini. Menurut sejarah beliau terlahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Kota ini, kemudian ketika beliau wafat beliau dimakamkan pula di kota ini. Sehingga Kota Blitar dijuluki Kota Patria karena merupakan kota yang menyimpan banyak kenangan dari founding father Republik Indonesia.

Menuju Lokasi Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno Blitar sangat mudah dijangkau oleh kendaraan apapun. Berlokasi di Desa Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Blitar, Jawa Timur. Tepat di tengah jantung Kota Blitar membuatnya mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor, mobil, bahkan bus. Makam Bung Karno buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Berikut adalah peta lokasi Makam Bung Karno:

Makam Bung Karno Blitar
Peta Google. Lokasi Makam Bung Karno Berada di Jantung Kota Blitar.
Awal dibangun dahulu, makam ini masih berupa lahan pemakaman Bung Karno, masjid dan beberapa gedung pengelola. Kemudian tahun 2004 telah dibangun gedung baru yaitu Gedung Museum dan Perpustakaan Bung Karno. Menurut wikipedia, bangunan unik Perpustakaan dan Museum Bung Karno ini dikerjakan langsung oleh tim arsitek yang diketuai oleh Pribadi Widodo dan Baskoro Tedjo dari Institut Teknologi Bandung.

Lokasi wisata dan Gedung-gedung Arsitektur Megah nan Unik di Makam Bung Karno Blitar

Gedung yang pertama yang akan kita bahas adalah Gedung Perpustakaan Bung Karno. Seperti nama gedungnya yaitu Gedung Perpustakaan Bung Karno ini menyimpan banyak sekali buku-buku bersejarah dan literatur-literatur yang berhubungan dengan sejarah dan perjuangan Bung Karno selama masa penjajahan hingga setelah kemerdekaan. Namun wisatawan lebih tertarik untuk langsung menuju patung replika Bung Karno yang terbuat dari logam.

Makam Bung Karno Blitar
Patung Bung Karno. Tempat Favorit Pengunjung untuk Berfoto.

 Patung Bung Karno ini berbentuk mirip sekali dengan Bung Karno. Berposisi duduk membawa buku sambil melihat ke arah depan. Banyak dari para wisatawan yang bergantian untuk dapat berfoto dengan Patung Bung Karno. Namun kita tidak boleh terlalu dekat dengan Patung Bung Karno agar keawetannya tetap terjaga.

Museum Makam Bung Karno Blitar, Saksi Bisu Perjuangan Sang Patriot

Lokasi selanjutnya yaitu Museum Bung Karno. Di sinilah lokasi yang paling ramai dikunjungi para wisatawan. Selain karena tempatnya yang luas, gedung ini dilengkapi dengan banyaknya koleksi-koleksi seperti lukisan, patung, foto, hingga barang-barang yang kesemuanya memiliki hubungan langsung dan tidak langsung dengan Bung Karno.

Beberapa adalah barang-barang milik Bung Karno seperti baju, tongkat, gong, dan lain-lain. Dan beberapa benda yang lain merupakan sumbangan dari pemerhati dan pengagum setia Bung Karno. Seperti lukisan dengan menggunakan cat air, cat minyak, hingga ada yang menggunakan pensil, ada juga patung dan benda-benda lainnya.

Di dalam museum ini kita akan merasakan sedikit sensasi misteri Makam Bung Karno. Dimana salah satu lukisan besar yang menggambarkan kegagahan Bung Karno akan menunjukkan keanehannya. Jika kita melihat dengan dekat dan teliti, tepat di bagian dada lukisan tersebut akan tampak seperti berdetak, seakan menghidupkan citra lukisan tersebut.

Makam Bung Karno Blitar
Lukisan Bung Karno. Lukisan Indah yang Menarik Perhatian Pengunjung karena Keunikannya.

Beberapa pengunjung ada yang terlihat tak percaya, ada yang berkata bawa mereka merinding setelah melihat secara langsung keanehan lukisan tersebut. Terlepas dari misteri atau sesuatu yang aneh, lukisan tersebut memang karya seni yang indah dan dapat menarik perhatian para pengunjung yang penasaran.

Tempat Persemayaman Terakhir Sang Proklamator: Lokasi Utama Makam Bung Karno Blitar

Setelah dari museum kita bisa langsung menuju lokasi makam. Jalur menuju makam dihiasi dengan kolam luas yang terdapat air mancur, pilar-pilar besar dan dinding-dinding yang terdapat relief-relief yang menggambarkan sejarah Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Hingga di ujung jalan kita akan menaiki beberapa anak tangga, halaman luas, kemudian kita akan memasuki sebuah lokasi dengan melewati gapura yang sangat megah.

Makam Bung Karno Blitar
Gapura yang Megah. Pintu Masuk Menuju Kawasan Utama Makam Bung Karno.


Untuk memasuki wilayah utama makam kita dilarang membawa makanan bahwa minuman. Kiranya hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kekhidmatan suasana di makam.

Bangunan makam berbentuk sangat mencerminkan Budaya Jawa sekali. Berbentuk atap joglo, ruangan tanpa sekat dan berbentuk seperti pendopo. Di tengah-tengahnya terdapat lokasi utama Makam Bung Karno dengan batu nisan besar berwana hijau. Banyak orang yang berdatangan ke lokasi ini untuk sejenak berdoa di makam.

Saat itu saya teringat bahwa suatu saat saya pernah membaca artikel mengenai makam dan sejarah Bung Karno. Artikel tersebut menyimpulkan secara sepihak bahwa Makam Bung Karno kosong. Tanpa adanya fakta-fakta yang bisa dipertanggung jawabkan.

Makam Bung Karno Blitar
Makam Bung Karno Blitar. Para Pengunjung Berdoa Bersama.
 
Pernah juga saya membaca dan membahas bersama teman-teman bahwa sebenarnya Makam Bung Karno tidak bertempat di Blitar, namun di lokasi lain yang dirahasiakan. Namun ini hanya akan sekedar menjadi bahan pembicaraan saja karena suatu opini dari suatu berita atau artikel akan sangat sulit dipercayai atau diterima khalayak umum ketika hal itu tidak ada bukti yang kuat.

Berbelanja di Pusat Oleh-oleh Makam Bung Karno Blitar

Selanjutnya, setelah dari lokasi utama Makam, kita akan diarahkan menuju lokasi pasar oleh-oleh khas Blitar. Pasar ini merupakan lokasi tertutup berbentuk jalur memutar-mutar yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam dagangan. Seperti baju dengan desain khas Blitar, jajanan khas Blitar, pernak-pernik, dan buah-buahan segar. Sudah tidak asing lagi bahwa Blitar merupakan salah satu wilayah penghasil buah nanas yang berkualitas.

Makam Bung Karno Blitar
Pasar Oleh-oleh. Segala Jenis Oleh-oleh yang Tersedia di Pasar Oleh-oleh samping Makam Bung Karno.
 
Keluar dari pasar selanjutnya kita sudah otomatis keluar dari lingkungan wisata ziarah Bung Karno. Bagi yang masih belum juga mendapatkan oleh-oleh yang cocok, anda masih bisa mencarinya di sekitar lingkungan ini yaitu di kios-kios pinggir jalan sekitar lingkungan makam. Kita juga bisa menyewa jasa transportasi becak di sini dengan harga yang murah.

Hanya dengan Rp. 10.000 saja kita akan diantarkan berkeliling di sekitar luar kawasan Makam Bung Karno sambil melihat-lihat keramaian diluar lokasi wisata atau berbelanja oleh-oleh di pertokoan jalan sekitar lingkungan makam.

Makam Bung Karno Blitar
Becak. Sarana Transportasi Tradisional yang Masih Ada di Kota Blitar.

Itulah tadi pembahasan kita mengenai Makam Bung Karno Blitar: Wisata Ziarah Makam Presiden Pertama RI di Kota Patria Blitar. Untuk anda yang berencana berlibur di lokasi yang tidak terlalu jauh dari wilayah Jawa Timur, tidak ada salahnya jika anda mencoba berkunjung di Makam Bung Karno Blitar. Semua sarana transportasi, sarana ibadah, pusat oleh-oleh hingga kuliner akan mudah kita temukan di sana. Selamat berlibur!
Advertisement
Disqus Comments