Wednesday, March 28, 2018

Gunung Argapura

www.catatanhariankeong.com

Gunung Argapura sering dieja Gunung Argopuro oleh sebagian besar masyarakat. Gunung ini merupakan gunung api yang sudah istirahat atau bisa disebut gunung berapi tidak aktif. Berlokasi di Provinsi Jawa Timur, gunung ini memiliki ketinggian yaitu setinggi 3.088mdpl.

Tepatnya berada di antara beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.

Gunung ini bertempat di kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Hyang. Sehingga kawasan ini sering juga disebut kawasan Hyang-Argopuro. Deretan Hyang-Argopuro mendominasi wilayah yang di sekitarnya terdapat Gunung Raung dan Gunung Lemongan. Tepat dilokasi ini terdapat jajaran lembah-lembah sedalam 1.000m.

Gunung Argopuro memiliki ciri khas yang menjadi kondang di antara para pendaki, yaitu panjang rute pendakiannya yang terbilang diatas rata-ratarute pendakian di Jawa. Walau dengan ketinggian 3.088mdpl, Gunung Argopuro memiliki rute sejauh 63km. Sehingga rute pendakian gunung ini dikenal sebagai rute pendakian terpanjang di Jawa.

Gunung ini memiliki beberapa puncak diantaranya yaitu Puncak Rengganis atau dengan sebutan lain Puncak Welirang. Kemudian puncak tertingginya berada di arah arah selatan dengan jarak sekitar 200m dari Puncak Rengganis. Puncak tertinggi Gunung Argopuro tersebut memiliki nama Puncak Argopuro. Terdapat pula satu puncak yang letaknya berdekatan dengan Puncak Argopuro yaitu Puncak Arca.

http://adventurewisata.blogspot.co.id/2017/01/wisata-gunung-argopuro.html

Puncak Rengganis sendiri berada di kawasan Kabupaten Jember. Konon menurut cerita masyarakat sekitar, di Puncak Rengganis bersemayam Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Seperti yang sudah dikenal sebagai Gunung yang memiliki rute terpanjang di Jawa, Gunung Argopuro banyak dikunjungi pendaki yang memang haus akan jalur panjang. Jalur pendakian menuju Gunung Argopuro terdiri dari 2 jalur yaitu:
  1. Jalur Bremi, dimulai di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo
  2. Jalur Baderan, dimulai di Desa Baderan Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo
Kebiasaan para pendaki Gunung Argopuro yaitu jika mendaki selalu lintas jalur. Jika berangkat via Bremi maka pulang via Baderan. Sebaliknya jika berangkat via Baderan maka pulang via Bremi.

Selain puncak, ada beberapa lokasi yang menjadi atraksi di sepanjang jalur pendakian Gunung Argopuro. Di jalur Bremi terdapat: Perkebunan Ayer Dingin, Danau Taman Hidup, Hutan Lumut, Kali Putih, Sicentor dan Rawa Embik. Sedangkan di jalur Baderan terdapat: lembah Cikasur, Sicentor dan Rawa Embik. Di Lembah Cikasur terdapat bekas pembangunan bandara penerbangan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda.

http://www.pecintaalam.net/gunung-argopuro/
Danau Taman Hidup

Source: Intisari artikel, gambar 1, gambar 2, gambar 3
Advertisement
Disqus Comments