Thursday, January 5, 2017

7 Tenda Monodome Termurah


Tenda merupakan istana bagi para penggiat alam bebas terutama pendaki. Tenda akan melindungi kita dari berbagai macam pengaruh negatif alam di saat-saat tertentu. Misal pada saat hujan tenda akan melindungi kita dari air hujan dan air yang mengalir di sekitar tenda. Saat malam tenda juga akan melindungi kita dari dinginnya udara dan kencangnya angin. Tenda pula yang melindungi kita dari serbuan serangga-serangga yang dapat mengganggu istirahat kita.

Di negara kita perkembangan hobi luar ruang begitu pesat sekali dari segala kalangan. Sehingga ini bisa jadi peluang pemasaran yang sangat baik bagi produsen. Hingga merk alat-alat outdoor pun semakin menjamur dan kian bersaing. Peralatan yang diproduksi oleh pabrikan-pabrikan lokal dan internasional kini mengalami perkembangan dalam segi model dan kualitas yang semakin beragam dansemakin canggih seiring berkembangnya teknologi.

Perkembangan itu juga terjadi pada produk tenda. Produk-produk tenda  ini memiliki berbagai keragaman dari berbagai segi model, kualitas, teknologi dan termasuk pada segi harga. Mulai dari harga yang paling mahal hingga paling terjangkau tersedia bagi para pecinta kegiatan alam bebas.

Nah, hari ini saya akan berbagi sedikit mengenai analisa saya terhadap 7 tenda termurah yang laris di pasaran lokal. Terutama tenda monodome atau tenda dome yang memiliki ukuran yang lebih ‘mini’ dengan harga yang terjangkau. Saya akan menganalisa dengan beberapa cara yaitu dengan melalui pengamatan langsung hanya pada beberapa tenda, sedangkanyang lain dengan cara membaca dan mengamati di forum-forum jual-beli alat outdoor dan official web nya apabila tersedia. Kemudian jika ada informasi yang kurang tepat atau ada informasi tambahan silahkan anda bisa menambahkannya di kolom komentar.

Berikut adalah daftar urutan Rekomendasi  7 Tenda Monodome Termurah dan terlaris di pasaran dengan keberagaman kualitas dan fitur-fiturnya masing-masing:


1. GREAT OUTDOOR (GT8187) Monodome 2 | HARGA: Rp 250.000


Sumber Gambar: https://www.tokopedia.com/rakata-ind/tenda-great-outdoor-monodome-2-orange

Yang pertama datang dari Produsen tenda Great Outdoor. Tenda ini memiliki kualitas yang cukup mumpuni di kelasnya. Tenda monodome dengan kapasitas 1 hingga 2 person ini cukup luas bahkan bisa digunakan untuk menampung 3 orang sekaligus namun dengan mengesampingkan faktor kenyamanan tentunya.

Dilengkapi Flysheet : 170T Polyester PA Coated kita akan terhindar dari ancaman bocor-bocor ketika hujan datang. Dengan cara mendirikan yang tepat dan benar kita juga dapat terhindar dari tetesan kondensasi uap yang acap kali menetes ketika dini hari. Langsung saja kita amati rincian fitur-fitur Tenda GREAT OUTDOOR (GT8187) Monodome 2 di bawah ini:

Size 205 x 140 x 100 cm
Flysheet : 170T Polyester PA Coated
Mesh : B3 no-see-um
Floor : PE floor
Pole : D6,9mm fiber pole
Weight : 1,5KG
Packing Size : 58 x 12 x 12 cm


2. Tenda Monodome REI 2 person | HARGA: Rp 270,000

Sumber Gambar: http://cadventura.com/product/tenda-camping-rei-2-orang/

Tenda ini menjadi favorit di kalangan mahasiswa seperti saya. Karena selain harganya yang sangat terjangkau, tenda ini juga hemat tempat di keril. Framenya yang kurus ramping juga memudahkan kita menata packingan kita. Dengan single layer, maka tenda akan lebih enteng dibanding dengan saingannya yang memiliki flysheet. Cocok bagi pendaki yang ingin mulai beralih menuju gaya mendaki ultralight.

Sayangnya single layer adalah kelemahan utama tenda ini, di mana resiko bocor-bocor akan bisa terjadi kapan saja ketika cuaca ekstrim terjadi. Tetesan-tetesan air juga bisa tak terhindarkan ketika terjadi kondensasi parah.

Berikut ini adalah rincian fitur-fitur dari tenda Monodome REI 2 person:

Size: 210*120*100cm
Single Layer 190T
PU 1500mm
Polyester + mesh fiber
Glass Pole
PE Floor


3. Tenda REI 2 orang (Double Layer) | HARGA: Rp 510,000


Sumber Gambar: http://cadventura.com/product/tenda-rei-2-orang-double-layer/

Dengan generasi sebelumnya yang mengusung model tenda monodome single layer, Rei meluncurkan model tenda monodome lain dengan fitur double layer. Tentu saja inilah yang diidam-idamkan bagi para pendaki yang senantiasa mengutamakan prinsip kenyamanan.

Tenda dengan merk yang sudah tidak asing di kalangan para penggiat alam bebas ini menjamin kita terhindar dari ancaman bocor-bocor saat cuaca ekstrim. Kondensasi juga akan tertangani dengan baik. Namun sebaliknya, packingan tenda ini akan menjadi lebih tebal atau besar sehingga keril kita akan menjadi lebih berat.

Berikut ini adalah rincian fitur-fitur dari tenda Monodome REI 2 person (Double Layer):

Size: (210+40) *140*120 cm
Fly: 190T Polyester PU1500mm
Inner: 170T Breathable Polyester
Floor: 120G/m2 PE
Pole: 7.9mm Fiberglass
Weight: 2.61kgs


4. Consina Superlight | HARGA: Rp 555,000


Sumber Gambar: http://cadventura.com/product/consina-superlight/ 

Consina merupakan brand outdoor equipment lokal yang sering mengeluarkan model-model produksinya dengan desain yang terkenal yahut punya namun tetap mengutamakan prinsip ekonomis. Sehingga harga-harganya masih terjangkau di kalangan mahasiswa.

Kali ini tenda monodome yang dikeluarkan Consina bernama Consina Superlight. Dengan harga yang relatif terjangkau, Consina tidak melupakan kualitas, dimana tenda monodome ini sudah dilengkapi fitur double layer. Dengan Inner: 170T Breathable Polyester dan Fly: 190T Polyester PU1500mm, tenda ini akan senantiasa melindungi kenyamanan waktu istirahat kita di malam hujan deras sekalipun.

Tenda ini juga termasuk lebih ringan dibanding dengan tenda-tenda kompetitornya. Dengan berat hanya 1.2kg, kita bisa dengan mudah mengemas tenda ini ke dalam keril kita dan dapat berjalan dengan lebih nyaman.

Berikut ini rincian fitur-fitur tenda monodome Consina Superlight:

Ukuran: 260 cm X 140 cm X 100 cm
Bahan Luar : 190T polyester PU 1500MM with PU taped
Pole: DIA 7.9MM Aluminium Pole
Bahan Alas : 150D Oxford PU 1500MM
Ukuran Packing : 62 cm X 14 cm X 10 cm
Berat : 1.2 kg
Kapasitas: 2 orang


5. Eiger Strom 1 | HARGA: Rp724.900

Sumber Gambar: https://www.bukalapak.com/p/olahraga/adventure/2mof06-jual-tenda-gunung-camping-outdoor-dome-eiger-strom-1-murah-la-fuma-deuter-consina?dtm_source=product_detail&dtm_section=detail-2&dtm_campaign=default

Eiger adalah brand outdoor equipmennt yang sudah sangat mumpuni di bidangnya. Sejak tahun 80an eiger sudah merintis pemasarannya di kancah outdoor activity di Indonesia. Sehingga tak ada keraguan saat kita membicarakan kualitas produk Eiger ini di kelasnya.

Tenda monodome Eiger yang kita bahas ini adalah Eiger Strom 1. Harga yang sepadan dengan fitur-fitur yang lumayan canggih. Seperti fitur Double Wall, akan senantiasa melindungi kita dari ancaman cuaca ekstrim ketika berkegiatan di alam bebas. Tak perlu kuatir bocor-bocor. Sangat aman dari tetesan-tetesan kondensasi jika kita memasang tenda dengan benar.

Namun sayangnya dalam hal harga, tenda monodome ini masih kalah bersaing dengan tenda monodome merk-merk lain. Sedangkan dalam berat, tenda ini juga lumayan membebani kita dengan bobot sekitar 2kg lebih 700g akan sedikit menguras tenaga kita saat berjalan jauh.

Berikut ini rincian fitur-fitur tenda monodome Eiger Strom 1:

Double Wall Tent Eiger
260 X 240 X 100 Cm Size
Weight; 2700 Gram
Kapasitas 1 Person


6. Tenda Lafuma Campo 2 | HARGA: Rp 950.000

 
Sumber Gambar: https://www.tokopedia.com/campinkoutdoor/tenda-lafuma-campo-2-person

Tenda keluaran Lafuma terutama tenda monodome nya tidak bisa dianggap remeh bagi pabrikan tenda lainnya. Karena kualitas dari tenda Lafuma selalu bisa bersaing di kelasnya. Dari segi harga, tenda ini masih dalam kisaran di bawah 1 juta. Namun dari segi kualitas sudah lama terbukti bahwa para pengusaha rental outdoor banyak yang mempercayakan Lafuma untuk selalu digunakan sebagai tenda rentalan. Sehingga kualitas dan keawetan tenda ini dapat teruji sekaligus walau digunakan berkali-kali.

Fitur yang dimiliki juga begitu lengkap. Sehingga tenda ini selalu unggul di kelasnya. Maka tidak banyak pembahasan lagi, berikut adalah rincian fitur-fitur Tenda Lafuma Campo 2:

Capacity: 2-3 Persons
Length: 210 cm + 40 cm.
Width: 150 cm.
Hight: 120 cm.
Weight: 3,4 Kg.
Ineer Polykatoen.
Fire retardant .

Exterior :
Self-supporting dome
Polyester 185 T double roof (Schmerber 1500 polyurethane coating)
Poles fiberglass 79 mm X 2.
Watertight seams
Galvanised steel pegs
2 ventilation flaps
1 Central Entrance

Interior :
Breathable polyester tent lining with 1 entrance
Polyethylene ground sheet
1 ceiling light hook2 storage pockets.
2 storage pockets.


7. TENDA CONSINA Traillight 2P | HARGA: Rp 1.150.000


Sumber Gambar:https://www.tokopedia.com/conssina/tenda-consina-traillight-2p

Urutan terakhir dari daftar urutan Rekomendasi  7 Tenda Monodome Termurah yang paling laris dipasaran ditempati oleh TENDA CONSINA Traillight 2P. Tenda monodome ini dibanderol dengan harga yang lumayan yahut yaitu Rp 1.150.000. Jauh lebih mahal dibanding dengan kompetitor di kelasnya dan model sebelumnya.

Consina kali ini memang ingin mengeluarkan tenda monodome dengan kualitas yang lebih premium dibanding model sebelumnya. Kemudian fitur-fiturnya juga lebih dilengkapi lagi sehingga dalam hal kualitas, tenda ini dapat dikatakan mendekati sempurna.
Berikut rincian fitur-fitur TENDA CONSINA Traillight 2P:

Size : (95+150+95) x 225 x 110cm
Tent Material : 190T riptop polyester 3000MM
Floor Material : 210D oxford 3000mm
Poles : 2 pcs aluminum pole
Seam tape included


Nah, itulah tadi daftar urutan Rekomendasi  7 Tenda Monodome Termurah yang paling laris dipasaran. Sekali lagi ini adalah analisis saya pribadi, dimana saya hanya melakukan pengamatan secara langsung hanya pada beberapa tenda saja, lainnya saya lakukan pengamatan dengan cara tidak langsung di forum-forum jual-beli alat outdoor dan official web nya apabila tersedia. Maka apabila ada kesalahan informasi atau ada kekurangannya silahkan disampaikan di kolom komentar di bawah.

Oke, sekian rekomendasi 7 Tenda Monodome Termurah yang paling laris di pasaran versi saya. Selamat berbelanja!
Advertisement
Disqus Comments