Wednesday, April 25, 2018

Rekomendasi Channel Youtuber Bushcraft Berkualitas

https://geekprepper.org/best-bushcraft-knifes-and-buyers-guide/

Youtube kini memegang peran penting sebagai rujukan utama di internet sebagai sumber untuk mendapatkan informasi apa saja dalam bentuk video. Segala yang kita butuhkan tersediadi Youtube. Video cara membuat sesuatu, cara melakukan sesuatu, musik, hingga kegiatan hobi apapun dapat kita akses dengan mudah. Termasuk hobi luar ruang seperti kegiatan berkemah, penjelajahan, pendakian, hingga kegiatan teknik bushcraft, survival dll.

Bushcraft pada masa awalnya berkembang luas di masyarakat dunia melalui acara-acara televisi pada saat itu. Juga melalui buku-buku yang ditulis oleh para pakar bushcraft, survival dan petualangan di alam bebas. Namun seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, bushcraft juga mengalami kenaikan perkembangan trend melalui media berbagi video tersebut.

Perkembangan antusiasme terhadap bushcraft ini terlihat dari mulai berkembangnya akun channel youtuber (istilah untuk pengguna youtube) bertema bushcraft dan survival. Konten-konten dari channel-channel tersebut mulai dari perkenalan mengenai bushcraft, cara membuat atau melakukan berbagai kegiatan bushcraft, petualangan di alam bebas, hingga kisah gaya hidup bushcraft para youtuber yang sudah digeluti selama bertahun-tahun.

Begitu banyaknya channel youtuber yang memiliki konten tentang bushcraft di seluruh dunia dengan gaya, dan ciri khas nya masing-masing membuat bushcraft menjadi sebuah tontonan yang tidak hanya mengandung edukasi keterampilan hidup di alam bebas, namun juga menjadi sebuah refreshment kita di sela-sela kesibukan. Dengan menonton video berlatar belakang kesejukan alam bebas, kegiatan di hutan atau apapun yang berhubungan dengan hal tersebut selalu membuat pikiran kita menjadi segar kembali.

Berikut ini adalah Rekomendasi Channel Youtuber Bushcraft Berkualitas pilihan seberanda:

Joe Robinet

Joe adalah pria berkebangsaan Kanada yang memiliki channel youtube yang dinamai dengan namanya sendiri yaitu Joe Robinet. Dengan jumlah subscribers diatas 600k membuatnya menjadi youtuber yang cukup populer. Hampir seluruh pecinta bushcraft yang berkecimpung di Youtube pasti mengenal sosok yang terkenal dengan penampilan tattoo, piercing, dan gaya berpakaian semi military tersebut.

Sejak awal memulai upload video-videonyanya hingga kini, Joe konsisten dengan dokumentasi pengalamannya mempelajari segala macam teknik bushcraft dan survival seluruhnya beserta trial dan errornya. Hal ini ia lakukan agar viewer memahami betapa keadaan di lapangan akan menunjukkan segala kemungkinan kepada kita untuk berhasil atau gagal dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Joe merupakan seorang ayah dan suami yang sangat menyayangi keluarganya. Scout juga termasuk anggota keluarganya, seekor anjing yang setia menemani di beberapa videonya. Kepribadiannya yang humble, low profile dan senyum lebarnya membuat viewer akan tertarik hanya pada beberapa menit awal menonton videonya pertama kali.

http://www.youtube.com/watch?v=3wNAkqbLVpA

 

 

TA Outdoors 

Channel ini dibuat oleh seseorang berkebangsaan Inggris yang bernama Mike Pullen. TA Outdoors memiliki kepanjangan Totally Awesome Outdoors. Dimana Mike juga memiliki channel lain yang bertema tentang hobi memancing bersama ayahnya yang bernama Graeme.

Dalam video-videonya di TAOutdoors, Mike mendokumentasikan kegiatan petualangan yang berfokus pada video berkualitas HD, berdurasi panjang, penjelasan rinci tentang segala hal yang dibahas. Tidak hanya di lokasi semak belukar, namun Mike juga mengeksplorasi wilayah lain seperti pinggiran jurang pantai dan gunung. Mike sering membuat video tentang tema memancing dan berburu. Beberpa kali juga dia berkolaborasi membuat piranti logam dengan Alec steele yang merupakan seorang youtuber pandai besi.

Dibalut dengan kalimat yang mudah dipahami dan sedikit selingan humor. Mike juga sering mengajak serta anjing peliharaannya Jaxx dalam videonya. Kini Mike sedang menyelesaikan proyek membangun Bushcraft basecamp. Basecamp tersebut akan dibangun selama tahun 2017 hingga 2018. Dengan menambah item-item bushcraft, membuat basecamp nya menjadi tempat yang sempurna.

  http://www.north60adventure.com/bushcraft-camp-full-super-shelter-build-from-start-to-finish/


Doug Outside

Doug Outside merupakan channel yang dimiliki oleh pria yang juga berkebangsaan Kanada. Doug merupakan teman dekat Joe Robinet. Mereka sering melakukan kolaborasi di beberapa videonya seperti melakukan petualangan menggunakan canoe, hiking dan sekedar melakukan overnight bushcraft. Sebagian besar video Doug adalah tentang petualangan solo nya menggunakan canoe, memancing dan membuat kerajinan ukiran.

Dengan kesibukan utamanya sebagai penjaga di sebuah Gereja besar di Kanada membuatnya harus mengatur jadwal pembuatan video outdoornya, karena dia mengakui kesulitan mencari waktu senggang untuk melakukan petualangan dan mendokumentasikannya di Youtube. Sehingga salah satu jalan keluarnya Doug tetap membuat video yang bisa dia kerjakan di rumah seperti kegiatan membuat kerajinan ukiran dan kegiatan membuat sesuatudari bahan kulit.

Dengan kepribadiannya yang terkesan pendiam dan misterius, Doug sering menunjukkan selera humornya yang absurd namun menggelitik. Doug juga terkenal dengan kebiasaan lucunya mengucapkan kata "so" secara berkali kali pada hampir tiap kalimat. Dia mengatakan kesulitan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=-W7KBCFeFQc


MCQBushcraft

Cannel ini dimiliki oleh seseorang berkebangsaan Inggris yang bernama Michael McQuilton. Mike sudah memulai petualangannya sejak masih kecil dengan berkegiatan diluar ruang seperti berburu dan memancing. Kepribadiannya adalah kunci dari channel ini laris dikunjungi kembali dan disubscribe oleh banyak penonton. Mike tidak hanya ramah, namun juga murah senyum, dan memiliki lantunan bahasa yang sopan, dan mudah dipahami.

Mike berdedikasi untuk membuat video dengan konten berbasis bushcraft yang akan mengedukasi penonton tentang lingkungan alam, kemampuan dasar untuk mandiri menggunakan lingkungan sekitar, dimana pengetahuan ini seharusnya diberikan sejak masih kanak-kanak. Selain itu Mike juga sering membuat konten tentang perburuan hewan liar beserta tips-tips dan cara mengolahnya.

Gaya penyampaian Mike tentang materi-materinya adalah tidak hanya berfokus pada alat dan perlengkapan saja, namun lebih kepada pengetahuan terperinci dan ilmiah tentang lingkungan sekitar, semua sumber daya yang dapat dimanfaatkan dengan tanpa merusak kelestariannya.

https://www.youtube.com/watch?v=jTUgBNxzYu8
 


Itu tadi adalah Rekomendasi Channel Youtuber Bushcraft Berkualitas. Bagi para pecinta bushcraft, selain membaca buku tentang bushcraft, video pada channel-cannel ini akan membawa kita ke dalam pembelajaran yang juga menghibur. Sedangkan para pencinta kegiatan luar ruang yang ingin mengenal bushcraft, video-video dalam channel-channel tersebut akan memberi kita pembelajaran dan tutorial instan serta prakteknya dengan kualitas yang terbaik.

Sebetulnya masih banyak sekali channel-channel youtube bushcraft lain yang juga berkualitas. Namun kali ini seberanda mengulas 4 dari sekian banyak channel yang bertebaran, dimana 4 channel ini adalah channel favorit saya. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu untuk kita. Selamat menonton!
    Advertisement
    Disqus Comments