Friday, May 31, 2019

Bushcraft sebagai Gaya Hidup

https://www.active-traveller.com/stories/bushcraft-basics

Bushcraft kini berkembang menjadi sebuah gaya hidup di beberapa kalangan pencita hobi luar ruang. Seorang pendaki yang identik dengan perlengkapan serba instan seperti kompor gas, tenda dome, dll kini mulai berkenalan dengan bushcraft. Tidak perlu jauh-jauh karena saya sendiri juga mulai berkenalan dengan bushcraft dan mempelajarinya.

Alasan salah satunya selain karena memang awalnya sudah hobi, bushcraft mulai berkembang yaitu munculnya kesadaran atas terjadinya beberapa insiden kecelakaan dan hilangnya pendaki-pendaki di Indonesia. Kita menyadari ketika dalam keadaan kelompok maupun keadaan sendiri apabila terjebak dalam keadaan darurat akan memaksa kita untuk menyerah dengan keadaan. Sehingga kita mulai mempelajari apa yang seharusnya kita siapkan dan lakukan ketika dalam keadaan darurat sebagaimana halnya para pendaki yang mengalami kecelakaan dan tersesat. Lalu apa hubungan sebenarnya bushcraft dengan kejadian tersebut?

https://www.armyoriginal.sk/moderny-bushcraft
Sumber: https://www.armyoriginal.sk/moderny-bushcraft

Keadaan dimana kita harus bertahan dalam keadaan darurat dan dengan perlengkapan beserta potensi sekitar yang terbatas adalah definisi dari Survival. Sementara dalam survival ini terdapatlah sebuah cabang yaitu Bushcraft. Penjelasan lebih lanjut mengenai bushcraft bisa dipelajari di sini: Bushcraft: Keterampilan Hidup di Alam Bebas

Dengan mempelajari bushcraft dan mingemplementasikannya dalam segala kesempatan termasuk dalam kegiatan luar ruang kita seperti mendaki gunung, bertualang di hutan, berkemah secara tidak langsung lama-lama akan membuat kita terbiasa dengan keterampilan-keterampilan bushcraft. Seperti misalnya dalam menyalakan api saat membuat api unggun yang biasanya kita memakai korek gas/korek api, bahan bakar, dan plastik, kini kita menjadi asyik berusaha membuat api dengan peralatan bushcraft seperti ferro rod, flint steel, bowdrill, dll. walau tidak mudah.

Tak kalah serunya sering kita temui pendaki yang menyempatkan diri membuat shelter bushcraft berbagai tipe dengan memanfaatkan bahan di sekitar kemudian mengunggahnya di sosial media instagram. Semacam sebuah kebanggaan menciptakan sebuah karya setelah mempelajari keterampilan bushcraft. Berikut ini adalah akun instagram yang sering mengupload gaya hidup dan nilai edukasi bushcraft yang sudah digeluti para pecinta kegiatan luar ruang:
  1. Indonesian Bushcraft: instagram.com/indonesian_bushcraft/
  2. Bushcraft Outdoor Survival: instagram.com/bushcraft_outdoor_survival/
  3. Urvolk Bushcraft: instagram.com/urvolk_bushcraft
  4. MCQ Bushcraft: instagram.com/mcqbushcraft1
  5. TA Outdoors: instagram.com/taoutdoorofficial
  6. Joe Robinet: instagram.com/joerobinetbushcraft
  7. My Self Reliance: instagram.com/myselfreliance
  8. Scrambled O: instagram.com/scrambled_o
  9. Doug Linker: instagram.com/douglinker 

Saya sendiri memulai mempelajari bushcraft dengan membaca beberapa e-book dan membeli sedikit alat-alat yang identik dengan bushcraft kemudian membawanya dalam kegiatan sehari-hari seperti membawa pisau multitool serbaguna, membawa ferro rod dalam tas harian saya (walau sangat jarang sekali digunakan tapi saya tetap suka membawanya), membuat gantungan kunci dan gelang dari tali paracord, membuat strap jam tangan dengan paracord (tutorial membuat strap jam tangan paracord bisa dikunjungi di sini: Cara Membuat Gelang/Strap Jam Tangan Paracord). Saya mendapati manfaat alat-alat tersebut dalam berbagai situasi.

Berbicara tentang membeli alat-alat bushcraft, beberapa tahun yang lalu jika kita ingin membeli alat-alat bushcraft dan survival maka harus datang di toko-toko outdoor tertentu yang tidak semua menyediakannya, terkadang malah alat-alat tertentu tersebut bisa ditemui di kedai yang menjual perlengkapan Pramuka. Namun dengan berkembangnya pasar online di marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia dll. memudahkan kita berbelanja barang-barang yang mendukung kita dalam berkegiatan bushcraft sesuai keinginan kita.

https://blog.survivalsupplyzone.com/skills/bushcraft-survival-equipment/
Sumber: https://blog.survivalsupplyzone.com/skills/bushcraft-survival-equipment/

Barang yang disediakan di marketplace pun semakin beragam dengan pilihan merk dan harga yang beragam pula. Yang tersedia tidak hanya barang impor saja, bahkan kini produsen lokal sudah banyak yang menyediakan dengan kualitas yang bersaing walau dengan merk yang belum go internasional. Jadi kini kita tak perlu khawatir saat ingin berkenalan dan belajar bushcraft karena jaman sekarang semuanya serba mudah untuk didapatkan.

Terakhir, tentang gaya hidup bushcraft, saya ingin menyoroti beberapa tokoh yang dapat kita teladani dengan mudah melalui media internet yaitu youtube. Di youtube, bushcraft dapat kita pelajari dengan mudah seperti pengenalan teori, pengenalan peralatan, tutorial skill bushcraft, hingga petualangannya semua lengkap diulas oleh youtuber bushcraft. Berikut adalah rekomendasi youtuber bushcraft yang memiliki skill, pengalaman, perlengkapan, dan pendokumentasian yang mumpuni: Rekomendasi Channel Youtuber Bushcraft Berkualitas

Itulah tadi mengenai bushcraft yang telah menjadi gaya hidup di dalam kegiatan sehari-hari kita yang sudah merambah kepada teman-teman sekalian. Tidak hanya gayanya saja, namun kita juga akan merasakan manfaatnya ketika nanti tiba situasi-situasi yang membutuhkan skill bushcraft. Selamat mencoba!
Advertisement
Disqus Comments